Profil Lengkap dan Perjalanan Karir Anatoliy Tymoshcuk

Profil Lengkap dan Perjalanan Karir Anatoliy Tymoshcuk

Profil Lengkap dan Perjalanan Karir Anatoliy Tymoshcuk

Anatoliy Tymoshcuk memiliki nama lengkap Anatoliy Oleksandrovych Tymoshcuk. Ia dilahirkan pada tanggal 30 Maret 1979 di Lutsk, Ukraina SSr, ketika masih bagian dari Uni Soviet. Pemain yang tinggi badanya mencapai 181 senti meter ini kini menempati posisi bek tengah dan gelandang serang tengah dalam klub Kairat dengan nomor punggung 44. Ana memulai karir mudanya bersama Volyn Lutsk pada tahun 1994 sampai dengan 1995. Didalam klub tersebut setelah satu musim pertama, akhirnya ia diturunkan untuk ikut membela skuat senior Volyn Lutsk terhitung sejak tahun 1995 sampai dengan tahun 1997. Dari sanalah karir seniornya mulai berkembang. Setelah mengakhiri masanya dengan Lutsk, Anatoliy bergabung dengan Shaktar Donetsk pada tahun 1998 sampai dengan 2007. Sebuah loyalitas yang tinggi.

Ketika ia masih bersama Shaktar Donetsk, ia masuk masa pinjaman selama beberapa musim ke Shakhtar-2 Donetsk dan tampil sebanyak 25 kali. Kemudian pada tahun berikutnya, 2007, ia bergabung dengan klun Zenit Saint Peterseburg sampai tahun 2009 dengan catatan 67 kali tampil. Pada tahun 2009, Bayern Munich memboyong pemain berbakat ini kekandangnya sampai tahun 2013 sebelum akhirnya Anaotliy memilih untuk kembali ke pelukan klub lamanya, Zenit Saint Petersburg dan memberikan 32 penampilan sebelum hengkang ke Kairat pada musim transfer 2015. Pemain berkebangsaan Ukraina ini sudah menjadi bagian penting tim nasional Ukraina sejak tahun 2000.

Dalam dunia sepak bola, harga transfer seorang pemain terkadang menentukan seberapa bagus ia bermain dilapangan. Pada 27 Februari 2007, ketika Anatoliy ditransfer ke Zenit Saint Petersburg, kabarnya nominal transfer tersebut mencapai angka 15 juta euro. Ia langsung dijadikan kapten tim disana. Manajer klub Zenit saat itu merasa puas dengan performa Anatoliy yang sangat maksimal. Kontribusinya terhadap Zenit terhitung dimulai dari kemenangan Zenit di Liga Premier Rusia yang merupakan pertama kali dalam sejarah klub. Hal itu membuat namanya masuk ke jajaran 33 pemain terbaik dalam Liga Prmier Rusia dan juga dinominasikan sebagai pemain terbaik liga oleh sebuah majalah sepak bola Rusia.

Karirnya bersama Bayern Munich bermula pada Februari 2009 dengan harga transfer dikabarkan mencapai 14 juta euro, meskipun itu hanya angka kasaran saja. Pertandingan pertama Anatoliy bersama Munich adalah ketika ia dihadapkan dengan AC Milan pada tahun 2009 di Piala Audi dimana ia memasuki lapangan sebagai pemain pengganti di paruh babak. Anatoliy juga diturunkan ketika melawan Manchester United. Pertandingan kali itu berkahir dengan adu penalti dengan Bayern sebagai pemenangnya. Karirnya bersama Bayern merupakan sebuah kesuksesan tersendiri bagi Tymoshchuk. Merupakan sebuah pengalaman berharga baginya sebelum ia kembali terbang ke Zenit.

Bicara soal karir internasionalnya, dimulai pada tahun 2000 dimana ia langsung menjadi pemain penting tim nasional Ukraina. Dia mendapat pengakuan atas penampilannya di Piala Dunia FIFA 2006 saat Ukraina berhasil mencapai quarter final, menghasilkan penghargaan Pemain Terbaik dalam Pertandingan ketika Ukraina berhasil menghantam Tunisia. Semenjak saat itu, ia menjadi kunci utama kesuksesan tim nasional Ukraina dan beberapa kali ditunjuk sebagai kapten tim. Salah satu pencapaian terbesarnya adalah pada 20 Desember 2011 ia dianugerahkan penghargaan Pemain Sepak Bola Terbaik dalam Sejarah Ukraina. Sejauh ini, melihat karir sepak bolanya yang luar biasa menakjubkan dan pengalaman-pengalaman yang telah banyak tercipta, Anatoliy Tymoshchuk memiliki lebih dari cukup bekal untuk membela Ukraina di Euro 2016.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *