Grup Kualifikasi Euro 2016

Grup kualifikasi Euro 2016 telah dirilis sejak 2014 lalu dan menempatkan negara peserta Piala Euro ke dalam 9 klasemen. Negara yang menjadi peserta dari ajang begengsi 4 tahunan kawasan Eropa ini berjumlah 53 negara dengan 8 klasemen berisi 6 negara dan 1 klasemen berisi 5 negara. Nantinya setiap negara dalam setiap klasemen akan diadu untuk mencari peringkat pertama dari setiap kalsemen. Tim negara yang berada di peringkat pertama dan kedua akan langsung mendapat tiket untuk lolos ke babak final Euro 2016. Kemudian dicari lagi beberapa negara melalui babak playoff untuk melengkapi jumlah peserta final Euro 2016. Negara yang akan beradu di final nantinya berjumlah 24 tim negara yang terbagi dalam 6 klasemen. Dan untuk masuk ke dalam 24 negara tersebut maka ke 53 negara kawasan Eropa ini harus bersaing mati-matian di babak kualifikasi agar memuluskan langkah menuju final di tahun depan nanti.

Format pertandingan kualifikasi ini sendiri merupakan sistem kompetisi penuh sehingga menggunakan 2 putaran/leg. Setiap tim dalam klasemen akan bertemu 2 kali dan bertanding dengan sisten home-away.

Grup Kualifikasi Euro 2016

Grup Kualifikasi Euro 2016

Ada 53 negara kawasan Eropa yang akan dibagi ke dalam 9 klasemen yaitu :

  • Klasemen A terdiri dari negara : Islandia, Republik Ceko, Belanda, Turki, Latvia dan Kazakhstan
  • Klasemen B terdiri dari negara : Wales, Belgia, Israel, Siprus, Bosnia dan Andorra
  • Klasemen C terdiri dari negara : Spanyol, Slovakia, Ukraina, Belarusia, Luksemburg, dan Makedonia
  • Klasemen D terdiri dari negara : Jerman, Polandia, Republik Irlandia, Skotlandia, Georgia dan Gibraltar
  • Klasemen E terdiri dari negara : Inggris, Swiss, Estonia, Slovenia, Lithuania dan San Marino
  • Klasemen F terdiri dari negara : Irlandia Utara, Rumania, Hungaria, Finlandia, Kep. Faroe dan Yunani
  • Klasemen G terdiri dari negara : Austria, Swedia, Rusia, Montenegro, Liechtenstein dan Moldova
  • Klasemen H terdiri dari negara : Kroasia, Italia, Norwegia, Bulgaria, Azerbaijan dan Malta
  • Klasemen I terdiri dari negara : Portugal, Denmark, Albania, Serbia dan Armenia.

Pertandingan babak kualifikasi ini diadakan dari tanggal 7 September 2014 hingga 14 Oktober 2015.

Playoff Piala Euro 2016

Dari 9 klasemen yang ada akan mengadu setiap negara didalamnya dan memperebutkan peringkat ke 1, 2 dan ke 3. Peringkat tersebut didasarkan dari kemenangan setiap laga dan skor agregat yang dikumpulkan. Peringkat ke 1 dan ke 2 setiap klasemen memiliki tiket untuk langsung menuju ke putaran final Euro 2016. Untuk juara ke-3 sendiri masih tetap mempunyai kesempatan untuk melaju ke babak final namun hanya juara ke-3 terbaik pertama yang langsung ikut lolos. Sedangkan juara ke-3 setiap klasemen terbaik kedua hingga kesembilan harus melewati babak playoff dulu untuk memperebutkan tempat yang tersisa.

Babak playoff ini diadakan dalam 2 leg yang berlangsung dari 13-18 November 2015. Untuk leg pertama diadakan pada tanggal 13-15 November 2015 sedangkan leg kedua diadakan tanggal 16-18 November 2015. Ada 8 negara yang mengikuti babak playoff tersebut dan mendapatkan 4 tiket menuju final Euro 2016.

Fakta tentang Grup Kualifikasi Euro 2016

Babak kualifikasi yang telah berlangsung menyisakan beberapa fakta yang menarik bagi para pecinta sepak bola, khususnya fans setia tim-tim Eropa. Beberapa fakta menarik tersebut adalah :

  • Ada 5 negara yang merupakan tim debutan dalam kualifikasi Euro 2016 yaitu Wales, Irlandia Utara, Slovakia, Albania dan Islandia
  • Fans tim Oranye, Belanda, sedikitnya harus mengalami kekecewaan dengan performa buruk tim jagoannya. Selama kualifikasi Euro 2016 ini Belanda telah kebobolan sebanyak 13 gol
  • Rumania dianggap sebagai tim yang memiliki pertahanan terbaik selama pertandingan di babak kualifikasi Euro 2016 ini. Tercatat tim ini hanya kebobolan 2 gol
  • Sedangkan tim yang paling subur mencetak gol adalah Polandia
  • Polandia beruntung memiliki Robert Lewandowski yang menyumbang banyak gol sekaligus menobatkan dirinya sebagai pemain dengan tembakan tepat terbanyak selama babak kualifikasi
  • Jika Rumania memiliki pertahanan terbaik, maka berbanding terbalik dengan tim Gibraltar yang kebobolan hingga 66 gol. Tim ini dianggap mempunyai pertahanan terburuk sepanjang babak penyisihan grup kualifikasi Euro 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *